Senin, 24 Juli 2017

A Letter to My Little Girl #3: Masih tentang Nama


Saat ini Abah masih berada dalam Bus Budiman yang meluncur dari Ciamis ke Tangerang.

Waktu saat catatan ini mulai Abah buat, baru menunjukan pukul 13.01 dan waktu terus berjalan seiring berjannya bus menuju ke tempat tujuan. Perkiraan bus akan tiba di Tangerang sekitar pukul 15.00.

Lumayan cukup untuk kembali membuat catatan perjalanan yang kelak akan engkau baca. Semoga.

Abah masih akan menulis tentang namamu Nak. Shahibatul Izzah.

Pertama adalah tentang makna "صاحبة"  atau "shahibatu". Shahibatu bisa bermakna pemilik, sahabat, atau kawan.

Kedua tentang makna "العزة" atau "al-'izzah". Al-'Izzah itu bisa bermakna kemuliaan, kekuatan, keperkasaan, dan harga diri. Setidaknya Abah baru tahu makna al-'Izzah ada di empat kata tersebut (kemuliaan, kekuatan, keperkasaan, dan harga diri). Mungkin kelak, pemahaman Abah tentang hal itu akan kembali bertambah seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya sumber ilmu. Insya Allah.

Kembali kepada kata pertama "shahibatu" yang berarti "pemilik", "yang memiliki" atau "sahabat". Jika kita ambil makna "pemilik", "yang memiliki", ataupun "sahabat", maka otomatis harus ada kata lain yang menyertainya. Pemilik apa? Yang memiliki apa? Sahabat siapa? Maka setelah "shaibatu" ditulislah "al-'izzah" sehingga jika digabungkan maknanya akan jadi sempurna; "pemilik kemuliaan" atau "yang memiliki kemuliaan", atau "sahabat kemuliaan".

Merenungkan makna "sahabat kemuliaan", Abah berpikir, sepertinya tidak ada yang salah dengan dengan kata itu. Sangat bagus digunakan untuk nama. Tapi, saat Abah coba merenungkan kata "pemilik kemuliaan", di sini Abah mulai bertanya-tanya. Boleh tidak nih menggunakan "pemilik kemuliaan" untuk nama? Sementara pemilik kemuliaan sejati adalah Allah ta'ala. Bagaimana jika kita menisbatkan sesuatu yang jadi milik Allah menjadi milik manusia?

Sampai di sini, Abahmu yang tak kunjung pintar Bahasa Arab dengan baik ini pun memutuskan untuk bertanya kepada ahlinya.

Jeda sejenak. Nak, jangan kau ikuti kebodohan Abahmu dalam berbahasa, apalagi dalam penguasaan Bahasa Arab. Itu adalah bahasa Al-Qur'an dan juga bahasa para penduduk surga kelak. Baik tidaknya pemahaman keagamaan seseorang salah satunya juga bisa dinilai dari sejauh mana pemahannya terhadap Bahasa Arab. Maka duhai putriku, kelak, kuasailah bahasa yang satu ini dengan baik ya Nak. Tentu ini juga adalah nasihat untuk diri Abah sendiri.

Lanjut kepada catatan sebelum jeda. Abah memutuskan untuk menanyakan hal yang membuat ragu itu kepada seorang ustadz yang ahli dalam urusan Bahasa Arab. Begini enaknya kalau kita punya banyak kenalan ustadz ^^.

Sang ustadz pun ternyata bertanya lagi ke syaikhnya yang berasal dari Yaman ^^. Syaikh Habib Fuad As-Soufi Al-Yamani.

شيخنا الكريم، سألني السائل، هل يجوز أن يسمي البنات باسم صاحبة العزة؟

شكرا على الإجابة

Duhai syaikh kami yang mulia, telah datang sebuah pertanyaan padaku, apakah boleh memberi nama anak perempuan dengan nama "Shahibatul 'Izzah"?

Bagaimana jawaban syaikhnya? Syaikh menjawab, "نعم", bisa diartikan "boleh, silahkan".

Nah, sampai di sini Abah baru tenang. Maka Abah mantap menggunakannya untuk namamu. Namamu sudah di-"muroja'ah" oleh seorang syaikh asal Yaman Nak. Masyaa Allah. Barakallahu fiik.

Hal itu kemudian dikuatkan dengan kata "al-'izzah" yang bisa kita temukan salah satunya dalam QS. Al-Munafiqun ayat 8.

"...Padahal al-'izzah itu hanyalah bagi Allah, Rasul-Nya, dan bagi orang-orang mukmin ..." (QS. Al-Munafiqun: 8).

Ya, orang-orang mukmin itu memiliki al-'izzah. Maka duhai purtiku, tak ada pilahan lain buat kita kecuali kita jadi seorang mukmin. Agar al-'izzah itu betul-betul kita miliki.

Allaahu ta'ala a'lam
Wa baarakallaahu fiik.

Alhamdulillah, catatan ini bisa diselesaikan tepat saat Abah baru saja sampai di Kebon Nanas Tangerang. Tepat sesuai perkiraan waktu tiba, pukul 15.00an.

Kota Tangerang, 23 Juli 2017
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© Journey Notes
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top